Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel yaitu mengenai Kuliah Sambil Bekerja dan Motivasi Belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2019-2021 FKIP Universitas Jambi dengan jumlah responden 119. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket secara online berupa link google form kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program bantuan SPPS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial (terpisah) dan secara simultan (bersama-sama) antara kuliah sambil bekerja dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif. Diperoleh nilai thitung variabel (X1) sebesar 5,047 bertanda positif, sedangkan ttabel sebesar 1,657. Sehingga nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (5,047 > 1,657) bertanda positif pada sig 0,000 < 0,05. Dan dari perhitungan thitung variabel (X2) sebesar 4,616 bertanda positif, sedangkan ttabel sebesar 1,657. Sehingga nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (4,616 > 1,657) bertanda positif pada sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F dengan perhitungan SPSS 25, maka terlihat nilai Fhitung sebesar 299,731 sedangkan Ftabel sebesar 3,073. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara kuliah sambil bekerja dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif. Kata kunci: kuliah sambil bekerja, motivasi belajar, indeks prestasi kumulatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023