Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 19, No 2 (2022)

Pola pembiasaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al-quran pada santri di pondok pesantren Al-mujahidin desa Ciptodadi kecamatan Suka Karya kabupaten Musi Rawas provinsi Sumatera Selatan

Nasrudin, Muhamad (Unknown)
Suradi, Ahmad (Unknown)
Nurlaili, Nurlaili (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola Pembiasaan Guru dalam Pembelajaran Tahfizd al Qur’an di Ponpes Al Mujahidin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimanakah pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren Al-Mujahidin? Kedua, Apa sajakah yang menjadi factor pendorong pada pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren Al-Mujahidin? Ketiga, Bagaimanakah cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren Al-Mujahidin? Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembiasaan yang diterapkan guru dalam pembelajaran tahfiz di pondok pesantren Al-Mujahidin menggunakan beberapa tahapan, yaitu tahap tahsin, tahfidz dan talaqqi. Faktor pendorong dari pola pembiasaan guru dalam pembelajaran tahfidz al Qur’an di pondok pesantren al Mujahidin. Dan Cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren al Mujahidin yaitu Kurangnya alokasi menjadi hal yang menghambat dari proses berjalannya pembiasaan pembelajaran tahfizh santri di pesantren al Mujahidin ini. Sebagai langkah untuk mengatasi hambatan tersebut adalah, mencari solusi dari permasalahan tersebut telah dirumuskan bersama oleh pihak sekolah. Hasil akhir dari kegiatan ini perlu dikaji ulang sejauh mana tingkat keberhasilan itu membawa dampak bagi proses pembelajaran di pondok pesantren al Mujahidin dalam jangka panjang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...