Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 3 No. 4 (2023): August

Keefektifan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Hilda Dhaniartika Nurma'ardi (Universitas Primagraha, Serang)
Maya Kuswaty (Universitas Primagraha, Serang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengatasi pemasalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan teknik penarikan sampelnya menggunakan purposive sampling. Pada penelitian, siswa kelas IV SDN I Kampung Melayu selaku kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa kelas IV SDN V Kampung Melayu selaku kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru kelas, yaitu model pembelajaran langsung. Adapun pemerolehan data pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik pengumpulan yang datanya didapatkan dari hasil wawancara, dokumentasi, soal kemampuan berpikir kritis, dan kuesioner motivasi belajar sebagai bahan penguat. Uji prasyarat dilakukan untuk menguji hipotesis yang sebelumnya telah diajukan oleh peneliti dengan cara melakukan serangkaian uji, yaitu uji normalitas, homogenitas, ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat dijadikan salah satu model peebelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...