Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengatasi pemasalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan teknik penarikan sampelnya menggunakan purposive sampling. Pada penelitian, siswa kelas IV SDN I Kampung Melayu selaku kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa kelas IV SDN V Kampung Melayu selaku kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru kelas, yaitu model pembelajaran langsung. Adapun pemerolehan data pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik pengumpulan yang datanya didapatkan dari hasil wawancara, dokumentasi, soal kemampuan berpikir kritis, dan kuesioner motivasi belajar sebagai bahan penguat. Uji prasyarat dilakukan untuk menguji hipotesis yang sebelumnya telah diajukan oleh peneliti dengan cara melakukan serangkaian uji, yaitu uji normalitas, homogenitas, ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat dijadikan salah satu model peebelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2023