Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Teams Assisted Individual (TAI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Andi Yuliyanto (Universitas Pgri Adi Buana Surabaya)
I Nyoman Sudana Degeng (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Retno Danu Rusmawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI diberikan pada kelas eksperimen 1 dengan jumlah 25 siswa, sedang model pembelajaran kooperatif TPS diberikan pada kelas eksperimen 2 dengan jumlah 26 siswa. Sedangkan variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Variabel Bebas, Variabel Moderator dan Variabel Terikat. Berdasarkan uji validitas nilai rhitung > r tabel (pada signifikan 0,05, dan r tabel sebesar 0,220 ). Maka Ho diterima artinya skor butir indikator berkolerasi positif dengan skor faktor (total), sehingga butir pernyataan dinyatakan valid. Dari hasil pengukuran reliabilitas diperoleh apa untuk instrumen 0,787 > 0,5. maka Ho diterima skor butir indikator berkolerasi positif dengan skor faktor (total), dengan demikian butir-butir soal yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dinyatakan reliabel. Dari uji normalitas dan uji homogenitas varian diketahui bahwa data nilai prestasi belajar matematika memenuhi asumsi distribusi normal dan varians dan homogen sehingga dapat dilanjutkan pada analisis Anova 2 jalur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa uji persyaratan analisis Anova 2 jalur telah terpenuhi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...