Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 7, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

DINAMIKA PONDOK PESANTERN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Taqiyuddin Taqiyuddin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2011

Abstract

Dalam Undang Undang RI. Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) pasal 10 ayat 1, 2 dan 3 disebutkan, Pendidikan di Indonesia diselenggarakan melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah. Pesantren, dapat dikelompokkan ke dalam bentuk lembaga pendidikan keagamaan dan termasuk salah satu bentuk dari tipe pendidikan luar sekolah (PLS). Tetapi jika dipelajari dari segi kelembagaan, pesantren adalah sebuah sistem lembaga kependidikan yang di dalamnya terdiri dari beberapa sub sistem pendidikan. Pada dasarnya semua pesantren berangkat dari sumber yang sama, yaitu ajaran Islam. Namun terdapat perbedaan filosofis di antara mereka dalam memahami dan menerapkan ajaran-ajaran Islam pada bidang pendidikan sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat yang melingkarinya. Perbedaan-perbedaan itu pada dasarnya kembali pada perbedaan pandangan hidup kyai yang memimpin pesantren baik mengenai konsep teologi, manusia dan kehidupan, tugas dan tanggung jawab manusia terhadap kehidupan dan pendidikan.Kata Kunci: Dinamika, Pesantren, Prespektif Pendidikan Luar Sekolah

Copyrights © 2011