Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 1 No. 4 (2023): Agustus

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN PEMROGRAMAN KOMPUTER

Abdiansah, Abdiansah (Unknown)
Utami, Alvi Syahrini (Unknown)
Yusliani, Novi (Unknown)
Miraswan, Kanda Januar (Unknown)
Wedhasmara, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

PISA adalah penilaian tingkat internasional yang diselenggarakan setiap tiga sekali untuk menguji kemampuan akademis siswa yang berusia 15 tahun. Tujuan PISA adalah untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia. Nilai PISA Indonesia di tahun 2018 masih rendah untuk ketiga bidang yang dinilai, yaitu: Matematika, Sains, dan Membaca. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang mampu memotivasi belajar siswa, terutama di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Salah satu metode kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi siswa adalah dengan memberikan pengenalan konsep dan praktik pemrograman komputer untuk diterapkan di bidang matematika, fisika, dan kimia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa sebesar 15.00% (N-Gain) meskipun secara keseluruhan hasilnya masih belum signifikan. Meskipun demikian hasil evaluasi kegiatan pelatihan cukup memuaskan dengan nilai sebesar 84.91% (Skala Likert). Hasil tersebut membuktikan bahwa pendekatan pemrograman komputer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di bidang STEM cukup menjanjikan. Kata Kunci: PISA, STEM, Pemrograman Komputer

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...