Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 4, No 2 (2022): Metaedukasi

Memaksimalkan Potensi IPad dalam Pembelajaran Digital di Sekolah Menengah Atas

Musyafa, Ismail Fadhli (Unknown)
Budiman, Muhammad Saleh (Unknown)
Marlihayati, Rahmah Khalidah (Unknown)
Nuraeni, Rosidah (Unknown)
Septiani, Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi maksimal penggunaan iPad dalam pembelajaran digital di Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendidikan telah mengalami transformasi signifikan dalam era teknologi informasi, dengan pengenalan perangkat seluler seperti iPad yang menawarkan potensi yang tak terbatas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, FGD (Forum Group Discussion), dan observasi. Responden penelitian merupakan siswa kelas XI dan beberapa guru Sekolah Menengah Atas. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas 11 MIPA meningkat setelah penggunaan media pembelajaran digital berupa iPad. Siswa merasakan keefektifan dalam penggunaan media pembelajaran digital tersebut. Temuan dari penelitian ini yaitu penggunaan iPad dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam pembelajaran digital di SMA jika digunakan secara tepat. Berbagai aplikasi pembelajaran yang tersedia di iPad dapat meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Selain itu, integrasi fitur multimedia yang kaya dalam iPad membantu menggambarkan konsep-konsep kompleks dengan lebih jelas dan menarik. Tantangan yang perlu diatasi agar potensi iPad benar-benar dimaksimalkan dalam pembelajaran di SMA adalah kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kurikulum yang sudah ada dan mencari keseimbangan antara penggunaan teknologi dengan metode pengajaran tradisional. Selain itu, pemahaman dan pelatihan yang memadai bagi guru diperlukan untuk memastikan bahwa mereka dapat memanfaatkan semua fitur dan aplikasi yang ada pada iPad dengan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...