Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 5 No. 2 (2023): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Analisis Deskriptif Minat Literasi Berbahasa Inggris Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Pondok Bambu

Ayyesha Darmawan (Universitas Negeri Jakarta)
Deskya Fitri Fergiyanti (Universitas Negeri Jakarta)
Vina Iasha (Universitas Negeri Jakarta)
Engga Dallion EW (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Bahasa Inggris memiliki peran penting sebagai bahasa pengantar internasional yang sangat berpengaruh di peradaban dunia. Hal ini dapat dilihat dari seseorang dengan kemampuan berbahasa Inggris dapat memiliki nilai tambah untuk mendapatkan peluang pekerjaan, beasiswa, maupun dalam pergaulan secara internasional. Namun, Indonesia memiliki kategori berbahasa Inggris sangat rendah di ASEAN. Maka dari itu, kegiatan literasi perlu dibiasakan sedini mungkin sejak berada di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat literasi berbahasa Inggris siswa kelas III SDN 06 Pondok Bambu dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara wali kelas III SDN 06 Pondok Bambu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat literasi berbahasa Inggris siswa kelas III cukup besar meskipun memiliki keterbatasan dalam beberapa hal. Namun, sekolah tetap memberikan yang terbaik untuk menunjang kegiatan literasi berbahasa Inggris untuk para siswa di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...