Banyak sekali peluang menulis bagi pengawas, kepala sekolah, dan guru. Akan tetapi, sangat disayangkan peluang-peluang tersebut belum banyak dimanfaatkan oleh guru. Keluhan tidak bisa menulis masih saja menjadi hambatan bagi guru untuk menangkap peluang-peluang tersebut, sehingga pengembangan diri dan karirnya berjalan tidak seperti yang diharapkan. Munculnya keluhan tidak bisa menulis di kalangan guru tentu saja bukan tanpa sebab. Secara umum ada beberapa kendala yang bisa ditemukan terhadap pengawas, kepala sekolah, dan guru sehingga membuat tingkat partisipasi menulis di kalangan pengawas, kepala sekolah rendah. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah menjelaskan konsep karya ilmiah atau artikel ilmiah, mengembangkan tema yang menarik khususnya tentang pendidikan, menyusun artikel serta memberikan pendampingan kepada peserta. Dari kegiatan evaluasi dan refleksi, peserta workshop memberikan penjelasan bahwa: (1) model pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kebutuhan guru telah meningkatkan keterampilan menulis mereka dan membuka peluang baru untuk bekerja sama dengan pihak Universitas Mataram dalam pengembangan karya ilmiah; dan (2) kegiatan pelatihan dan pendampingan membekali mereka dengan keterampilan dan kreativitas yang memadai sehingga mereka percaya diri dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang akan dipublikasikan di jurnal regional maupun nasional.
Copyrights © 2023