TARBAWI: Journal on Islamic Education
Vol 7, No 2: Oktober 2023

TAHAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGRI BONTANG

Syah, Susilo Romadon (Unknown)
Nasir, Muhammad (Unknown)
Suratman, Suratman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini utuk mengetahui dan mentelaah tentang’’Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Madrasah Aliyah Negeri Bontang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, tempat penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bontang adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, waka kurikulum dan guru pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan data condensation, data display dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini mendeskripsikan 1) isi dari implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Bontang menyesuaikan dengan istruksi dari Kementrian Agama, kebebasan yang diberikan kepada Madrasah dalam menyusun kurikulum oprasional Madrasah. Penyusunan dari kurikulum oprasional Madrasah (KOM). Adanya nilai-nilai yang diterapkan sesuai dengan yang terkandung di dalam profil pelajar. Berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan tentang implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Bontang mendapatkan hasil bahwa dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, menjalankan sesuai dengan isi kurikulum oprasional Madrasah. Menyusun kurikulum oprasional madarasah (KOM), capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), alur tujuan pembelajaran (ATP), membuat atau menyusun modul ajar, pembelajaran difrensiasi, profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin sampai pada asesmen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Focus and Scope of Tarbawi Journal: Journal of Islamic Education covers 1 PAI Learning (Method, Strategy, Model, Assessment) 2. Islamic Education 3. Management of Islamic Education 4. Management of Pending Institutions. Islam 5. and related ...