Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 5 No 2 (2023): Metakognisi

Pendidikan Islam Dan Moderasi Beragama Dalam Studi Islam Interdispliner

Muhamad Taufik (Unknown)
Ishak (Unknown)
Faruqi Hidayatulloh (Unknown)
Darussalam Malik (Unknown)
M. Nasor (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Studi Islam semakin diminati oleh para peneliti, apalagi studi Islam semakin berkembang. Islam tidak lagi dipahami secara historis dan doktrinal, namun telah menjadi fenomena yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimulai dengan pencarian dan deskripsi informasi, pengumpulan data secara sistematis, dan interpretasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pendekatan interdisipliner merupakan pendekatan yang sangat penting untuk didorong, apalagi jika ingin digunakan untuk memahami pesan-pesan Islam yang terkandung dalam al-Qur'an dan al-Hadits. Pendekatan interdisipliner merupakan pendekatan baru dalam mengkontekstualisasikan pesan-pesan Islam, peraturan Islam yang mengedepankan keterbukaan terhadap perbedaan yang ada dipandang sebagai sunnatullah dan rahmat bagi seluruh umat manusia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...