J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 4, No 3 (2023): OKTOBER

PEMANFAATAN SITUS CANDI RONGGENG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DENGAN MEDIA MORPH TRANSITION POWERPOINT UNTUK SISWA KELAS X IPS II MA FATHURRAHMAN

Fauzan, Ahmad (Unknown)
Wijayanti, Yeni (Unknown)
Nurholis, Egi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situs Candi Ronggeng sebagai sumber belajar Sejarah dengan media morph transition powerpoint untuk siswa kelas X IPS II MA Fathurrahman. Metode yang digunakan dalamĀ  penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi/kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah di MA Fathurrahman menggunakan metode ceramah. Sumber belajar yang dipakai oleh guru hanya dari buku paket yang disediakan sekolah. Pemanfaatan situs Candi Ronggeng sebagai sumber belajar Sejarah dilakukan melalui media powerpoint dengan fitur morph transition. Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan situs Candi Ronggeng sebagai sumber belajar adalah keterbatasan materi mengenai situs candi tersebut, keberadaan situs yang tertimbun tanah.Kata Kunci: Situs Candi Ronggeng, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah, Media Morph Transition Powerppoint

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...