J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 1 (2024): FEBRUARI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Oktavia, Rina (Unknown)
Ruswana, Angra Meta (Unknown)
Zamnah, Lala Nailah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi atas dasar rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh setiap siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan menggunakan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Grup Design. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney-U. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Negeri 15 Ciamis yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa (kelas eksperimen) dan 31 siswa (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes, yaitu tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari tiga soal. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi, yaitu Garis dan Sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung.Kata Kunci: Model Pembelajaran The Power of Two, Kemampuan Komunikasi Matematis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...