Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 2 No. 3 (2023)

STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN PADANG PANJANG

Firdaus, Akmal (Unknown)
Yusuf Salam (Unknown)
Asmendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Strategi pengembangan manajemen peserta didik sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi yang dilakukan MTsN Padang Panjang dalam penerimaan peserta didik baru, orientasi yang dilakukan kepada peserta didik baru dan manajemen yang diterapkan dalam pembinaan sebagai usaha meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Padang Panjang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa MTsN Padang Panjang menerapkan strategi penerimaan peserta didik baru dengan seleksi yang relatif ketat dengan memadukan antara manajemen modern dan konservatif. Di antara strategi yang diterapkan adalah dengan pendaftaran calon peserta didik secara on line. Strategi orientasi peserta didik baru diketahui dari pelaksanaan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa) yang lebih menerapkan pendekatan religius, kedisiplinan dan membangun kebersamaan. Strategi pembinaan peserta didik dilakukan secara kurikuler dan ekstrakurikuler. Pembinaan secara kurikuler dilakukan secara terstruktur, efektif, dan berkesinambungan, seperti kegiatan pembelajaran mata pelajaran dan tahfiz al Qur’an. Pembinaan secara ekstrakurikuler dilakukan secara intensif, profesional, dan berkesinambungan, seperti belajar tambahan, kegiatan keagamaan di asrama dan olahraga bola basket.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...