Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 2 (2023): Oktober

PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBERIAN SANKSI DALAM PEMBELAJARAN DI SD

Nurdin, Makmur (Unknown)
Muin, Awaluddin (Unknown)
Karisma Said, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi guru terhadap pemberian sanksi dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas SDN 216 Talungeng yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data adalah data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi guru terhadap pemberian sanksi dalam pembelajaran di SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone mengenai sanksi fisik, penahanan di kelas, sanksi denda, skorsing, teguran, dan sanksi kontrak/janji. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagian guru telah menerapkan sanksi-sanksi yang dianggap mendidik dan dapat memberikan perubahan kepada siswa yang melanggar pada saat pembelajaran, selain itu masih terdapat faktor penghambat dari penerapan sanksi-sanksi yang diberikan guru kepada siswa yang melakukan pelanggaran dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...