Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 176 Tanbatue kecamatan Libureng kabupaten Bone. Setting penelitian ini adalah SDN 176 Tanabtue kecamatan Libureng kabupaten Bone Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 176 Tanabatue dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang terdiri dari 5 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumntasi. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan, baik pada aktivitas guru maupun siswa serta hasil belajar dalam mata pelajaran IPA dari siklus I dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat menjadi kualifikasi Baik (B) di siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran pembelajaran Relating, Experiancing, Applying, Cooperating, Transfering dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 176 Tanabatue kecamatan Libureng kabupaten Bone.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023