Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12 No 2 (2023): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Familia Lamiaceae Sebagai Sumber Belajar Biologi

Dian Ramadhani (Universitas Negeri Makassar)
Hilda Karim (Universitas Negeri Makassar)
Arsad Bahri (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Pengembangan ensiklopedia tumbuhan familia Lamiaceae merupakan salah satu alternatif yang dapat diberikan pendidik kepada mahasiswa sebagai sumber belajar dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk ensiklopedia tumbuhan familia Lamiaceae yang bersifat valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Jurusan Biologi FMIPA UNM. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang teridir dari lima tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Hasil validasi dari validator menunjukkan bahwa ensiklopedia tumbuhan familia Lamiaceae yang telah dikembangkan layak digunakan dengan rata-rata nilai yaitu 1 yang menunjukkan kategori validitas sangat tinggi. Uji kepraktisan sumber belajar berdasarkan respon dosen morfologi dan anatomi tumbuhan yaitu 90,51% dan respon mahasiswa yaitu 85,47% hal ini menunjukkan bahwa ensiklopedia bersifat sangat praktis. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia tumbuhan familia Lamiaceae sebagai sumber belajar biologi yang dihasilkan bersifat valid dan praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...