Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)

Teacher Strategies for Improving Students' Beginning Reading Ability

Eliana, Resa (Unknown)
Fitriana, Maulida Arum (Unknown)
Mahendra, Juandra Prisma (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Sukadana kecamatan bayan kabupaten Lombok utara. Sumber data dalam penelitian ini seuruh murid kelas II SDN 4 Sukadana dengan jumlah  3 orang dan 2 orang guru, kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.             Dari hasil penelitian diketahui bahwa  strategi yang digunakan oleh guru kelas II dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa adalah strategi button-up  yang terlihat  dalam proses pembelajaran seperti kegiatan membaca sebelum pelajaran dimulai, menulis di papan tulis kemudian di baca secara bersama-sama, mengulang-ulang bacaan dan Latihan menulis, dan tutor teman sebaya. Sedangkan factor penghambat  kemampuan membaca siswa berasal dari factor internal yaitu siswa itu sendiri, dan factor ekternal yaitu orang tua dan pemanfaatan sarana prasarana yang tidak maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...