Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Sukadana kecamatan bayan kabupaten Lombok utara. Sumber data dalam penelitian ini seuruh murid kelas II SDN 4 Sukadana dengan jumlah 3 orang dan 2 orang guru, kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh guru kelas II dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa adalah strategi button-up yang terlihat dalam proses pembelajaran seperti kegiatan membaca sebelum pelajaran dimulai, menulis di papan tulis kemudian di baca secara bersama-sama, mengulang-ulang bacaan dan Latihan menulis, dan tutor teman sebaya. Sedangkan factor penghambat kemampuan membaca siswa berasal dari factor internal yaitu siswa itu sendiri, dan factor ekternal yaitu orang tua dan pemanfaatan sarana prasarana yang tidak maksimal.
Copyrights © 2023