Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi media Pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik SMK Negeri 3 Makassar di masa pandemi, (2) Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta didik SMK Negeri 3 Makassar di masa pandemi, (3) pengaruh media Pembelajaran daring dan kompetensi guru secara bersama terhadap hasil belajar peserta didik SMK Negeri 3 Makassar di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 36 orang yakni peserta didik SMK Negeri 3 Makassar jurusan TKJ kelas XI 2. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 33 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data inferensial yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh persepsi media pembelajaran daring (X1) yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan kontribusi X1 terhadap Y sebesar 42.24%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penggunaan media daring maka hasil belajar peserta didik semakin meningkat. (2) Terdapat pengaruh kompetensi guru (X2) yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan kontribusi sebesar 57.65%. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam mengajar dapat meningkatkan hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh persepsi media pembelajaran daring (X1) dan kompetensi guru (X2) yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik (Y) ditunjukkan dengan hasil uji koefisien determinasi sebesar 86.5%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023