Perkembangan teknologi digital juga mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai aspek lainnya. Dunia pendidikan baik dalam proses akses informasi dan sumber daya, proses pembelajaran, maupun penilaian dan evaluasi pembelajaran tidak luput dari pengaruh teknologi digital. Teknologi digital membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan. Tujuan melaksanakan kegiatan ini yaitu melaksanakan pendampingan peningkatan teknologi digital bagi para guru di Sekolah Dasar. Metode pendampingan dilakukan dengan metode diskusi dan praktik dengan 3 tahapan kegiatan yaitu diskusi, praktik dan refleksi. Subjek pelaksanaan kegiatan ini adalah para guru di SDN 03 Bengkayang. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan terlebih dahulu menyampaikan materi mengenai evaluasi pembelajaran dan teknologi digital. Tahapan kedua adalah pembuatan dan pengelolaan teknologi berupa Platform goggle form sebagai media evaluasi pembelajaran. Tahapan terakhir dalam kegiatan pendampingan ini yaitu refleksi, dalam tahapan ini dilakukan evaluasi terhadap serangkaian kegiatan pengabdian. Melalui kegiatan pendampingan ini, para guru dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pembelajaran dan evaluasi. Peningkatan ini diharapkan menjadi landasan inovasi dalam proses belajar-mengajar, meningkatkan hasil belajar siswa, serta mempersiapkan para guru dalam menghadapi perkembangan teknologi digital yang terus berkembang.
Copyrights © 2023