Lembaga pemerintah sudah seharusnya memenuhi tuntutan terkait pelayanannnya yang berkualitas untuk seluruh masayarakat. Hal inilah merupakan wujud dari sebagaian bentuk tata kelola pemerintahan yang diharapkan oleh masyarakat dan juga dikenal dengan wujud Good government governance). Salah satu desa di kabupaten jember lebih tepatnya yakni desa tegalsari kecamatan ambulu yang merupakan salah satu desa binaan bagi prodi pendidikan masyarakat universitas jember merupakan salah satu desa yang sudah menjadi tempat sasaran penyelenggaran program-program permodelan keilmuan serta tempat penelitian dan pengabdian masyarakat. Beberapa masalah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat yaitu tingkat proses keterbukaan dan interaksi antara pemerintah desa dengan warga yang belum maksimal, belum adanya media sebagai wadah pengaduan keluhan/aspirasi masyarakat, sehingga belum bisa tersampaikan dan tertampung dengan baik. Maka hal ini membuat permasalahan yang dialami warga tidak dapat tertangani dengan baik oleh pemerintah desa sebagai pelayan masyarakat. Factor penyebabnya adalah khusunya bagi masyarakat yang lokasi tempat tinggalnya dengan kantor desa cukup jauh. Sedangkan pihak BPD pengurusan surat yang masih dilakukan secara manual juga sangat menyita waktu masyarakat. Hasil identifikasi kebutuhan banyak kebutuhan pada masyarakat perlu penanganan/respon yang cepat. Tidak jarang warga kehilangan kesabaran untuk pengurusan administrasi tersebut. Karena beberapa surat keterangan bersifat darurat, misalnya: surat keterangan tidak mampu ketika warga mengalami kendala pembayaran di rumah sakit, surat pengantar keterangan kelakuan baikdan juga berbagai kasus surat pengantar lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023