Widya Accarya
Vol 14 No 2 (2023): Widya Accarya

Efektivitas Instrument Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Daerah Siswa MI NWDI Pancor Kopong

Ramlah H.A Gani (Unknown)
Nunung Supratmi (Unknown)
Herman Wijaya (Unknown)
Khirjan Nahdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran menyimak cerita di MI NWDI Pancor Kopong. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan keefektifan instrumen penilaian afektif yang digunakan oleh guru MI NWDI Pancor Kopong. Sumber data penelitian ini berupa lembar instrumen penilaian sikap yang dibuat oleh guru meliputi skala likert, lembar observasi aktivitas sikap siswa dalam menyimak cerita rakyat, lembar aspek pengamatan, dan instrument rubrik penilaian sikap sosial dan spritual. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, pengelompokan data, pengecekan data, deskripsi data, sintesis dan interpretasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa instrumen penilaian sikap yang digunakan oleh guru MI NWDI sangat efektif. dari instrumen skala likert kejujuran siswa menyimak cerita diperoleh 72%, lembar observasi minat belajar mapel bahasa indonesia sebanyak 60% , lembar aspek pengamatan perilaku siswa menyimak cerita 80%, dan instrument rubrik penilaian sikap sosial ebanyak 80%, dan sikap spritual sebnayak 92%. Berdasarkan hasil instrumen penialain sikap tersebut maka dapat diambil simpulan bahwa instrumen penilaian sikap tersebut sangat efektif digunakan oleh guru MI NWDI pancor kopong pada mapel bahasa indonesia. Penggunaan instrumen penilaian sikap ini tentu harus disesuaikan dengan konteks sekolah. Maka perlu bagi guru harus selektif dalam menggunakan istrumen penilaian afektif agar mendapatkan informasi yang valid sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

widyaaccarya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Widya Accarya, 2085-0018 (Print ISSN), 2722-8339 (Electronic ISSN) is the Journal of Education who published research articles and of theoretical articles in education which published by Faculty of Teacher Training and Pedagogy, Dwijendra University. The journal is published twice a year every April ...