Jurnal Edukasi
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Edukasi

Pengaruh School Well-Bieng terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Nasional Makassar

Pratiwi Lestari (Universitas Negeri Makassar)
Eva Meizara Puspita Dewi (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Yasser Mansyur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh school well-being terhadap motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 168 siswa SMK Nasional Makassar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert disusun berdasarkan aspek school well-being, yaitu having (kondisi sekolah), loving (hubungan sosial), being (pemenuhan diri), dan health (kesehatan). Kemudian, pada skala motivasi belajar berdasarkan pada aspek rajin, ulet, minat dan usaha, serta teguh. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh school well-being terhadap motivasi belajar siswa (r = 0,276, ????2 = 0,076 p-value 0,000 (p < 0,05)), dengan kontribusi school well-being sebesar 7,6%. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari keempat aspek school well-being, yaitu having (kondisi sekolah) p = 0,000, loving (hubungan sosial) p = 0,043, being (pemenuhan diri) dengan nilai p = 0,000, dan health (kesehatan) p = 0,041.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...