Paradigma pembelajaran saat ini telah bergeser pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Maka, guru perlu merancang pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif yang muncul dari diri peserta didik dan guru saat implementasi kegiatan pembelajaran diferensiasidengan teaching at the right leveldi kelas.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik XI MIPA 5 SMAN 1 Tanggul. Hasil observasi menunjukkan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, partisipasi belajar peserta didik terpantau lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) memiliki dampak positif dalam pembelajaran dan membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik.
Copyrights © 2023