Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti tentang masalah siswa yang kurang disiplin dalam menaati aturan sekolah dan nilai hasil ulangan matematika siswa masih ada dibawah KKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Kesik Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 53 siswa sehingga semua dijadikan sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel penelitian meliputi kedisiplinan siswa sebagai variabel independent dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel dependent. Instrumen yang digunakan yaitu angket tertutup dari variabel kedisiplinan dengan skala likert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kedisiplinan (mean = 69, 57) dan hasil belajar matematika siswa (mean = 66,40). Hasil analisis korelasi antara kedisiplinan dengan hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai korelasi 0.736. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel a = 0.05 (0.271) maka terdapat korelasi dengan arah positif dan kuat, maka hipotesis Ha dapat diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kedisiplinan dengan hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2024