Penerapan reward dalam proses pembelajaran sangat berdampak terhadap pemahaman dan proses pembelajaran Matematika dikarenakan peserta didik akan merasa senang saat kemajuan yang dialami dihargai sehingga peserta didik akan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada 1) Apa saja bentuk-bentuk reward dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN 2 Terong Tawah, 2) Bagaimana dampak penerapan reward dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN 2 Terong Tawah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berjenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk reward dalam pembelajaran Matematika kelas V ada tiga yaitu pujian, hadiah dan penghormatan. Pujian diterapkan ketika peserta didik dapat menjawab pertanyaan dari pendidik dalam proses pembelajaran. Hadiah diterapkan ketika peserta didik mendapatkan nilai yang tinggi dalam ulangan Matematika. Dan penghormatan diterapkan ketika peserta didik telah selesai mengerjakan tugas. 2) Dampak penerapan reward dalam pembelajaran Matematika kelas V berdampak positif yaitu peserta didik merasa senang dan tertantang mengerjakan tugas ketika diterapkan reward berupa pujian, hadiah, dan penghormatan sehingga minat belajar peserta didik meningkat dan dapat mengerjakan tugas serta boleh pulang.
Copyrights © 2022