Walada: Journal of Primary Education
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 3, Desember 2022

INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Murzal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Pendidik dalam Islam adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif (rasa), kognitif (cipta), maupun psikomotorik (karsa). Pembelajaran yang efektif dan efesien, selalu diharapkan oleh setiap guru, karena dapat menghantarkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai spiritual islami dalam kegiatan pembelajaran intra dan ekstrakurikuler SDN 4 Bnyu Urip. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan diskriptif dengan subjek penelitian SDN 4 Bnyu Urip. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai spiritual islami dalam kegiatan pembelajaran di SD 4 Bbanyu Urip dapat meningkatkan motivasi belajar siswaa. Hal tersebut tercermin pada semangat belajar siswa yang baik, hubungan emosional siswa yang baik, dan sikap siswa dalam menguti pembelajaran di sekolah tersebut sangat bagus baik pada pembelajaran intra dan ekstrakurikuler, ditambah lagi dengan peran kepala sekolah dan guru dalam internalisasi nilai spiritual islami dalam pembelajaran di SDN 4 Banyu Urip sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...