Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dalam menerapkan strategi directed reading thinking activity (DRTA) karena ada siswa yang masih kesulitan membaca pemahaman. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bentuk kesulitan membaca pemahaman yang dialami oleh siswa kelas IV. (2) Upaya guru dalam menerapkan strategi directed reading thinking activity (DRTA) untuk mengatasi kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Mamba’ul Khair NW Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjang pengamatan, triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV adalah siswa kesulitan dalam menyampaikan pemikirannya, memahami isi cerita, dan siswa kesulitan dalam menemukan ide pokok dari setiap paragraf cerita. (2) Upaya guru dalam menerapkan strategi directed reading thinking activity (DRTA) untuk mengatasi kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV adalah dengan menyediakan gambar-gambar, memberikan contoh cara memahami bacaan dan melatih peserta didik untuk menemukan ide pokok setiap paragraf dari materi yang dipelajari
Copyrights © 2023