Pandemi covid-19 telah memberikan dampak besar pada dunia pendidikan, termasuk di Indonesia. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah perubahan cara belajar mengajar secara langsung menjadi daring. Pembelajaran berlangsung secara daring selama 2 tahun dirasa kurang efektif dan kurang bermakna sehingga pada pembelajaran yang berlangsung kurangnya antusias peserta didik yang mengakibatkan tidak menguasai materi pembelajaran yang seharusnya. Hal ini tentu saja mempengaruhi efektivitas pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika di kelas VI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika pasca pandemi covid di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara kepada pengajar dan peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata.Dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika pasca pandemi covid di kelas IV, diperlukan upaya dari semua pihak. Pengajar perlu memperluas metode pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik dan memaksimalkan interaksi . Orang tua juga perlu memberikan dukungan dan fasilitas yang cukup untuk kegiatan belajar. Sementara peserta didik perlu lebih mandiri dan disiplin dalam mengikuti pembelajaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pengajar, peserta didik, dan orang tua dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika pasca pandemi covid di kelas IV.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023