Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Maret

Penguatan Literasi Digital Untuk Mendukung Hak Warga Negara di Media Sosial Melalui Pembelajaran PPKn

Fudzni, Elfrida Hariawati (Unknown)
Aulia, Syifa Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penguatan literasi digital yang ada di media sosial dalam upaya mendukung hak warga negara. Penguatan literasi itu dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Literasi digital di media sosial yang digunakan peserta didik digunakan digunakan dengan bijak, tepat, dan benar maka media sosial dapat digunakan sebagai wadah untuk menyatakan suatu pendapat, kritik, berkarya, mengkritisi suatu kebijakan dari pemerintah dan bahkan dapat dijadikan sebagai ajang untuk melakukan aktivitas sosial seperti membantu sesama yang kurang beruntung atau terkena musibah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn perlu didesain sedemikian rupa untuk mendukung penguatan hak dan kewajiban warga negara dalam menggunakan media sosial. Siswa dalam memahami hak berekspresi sebagai kebebasan dalam mengungkapkan pendapat, opini maupun aspirasi melalui media sosial dengan cara yang sopan dan tanpa merasa takut. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu bahwa perlu adanya literasi digital bagi warga negara muda untuk bertindak secara bertanggung jawab dalam dunia digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didactica

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran memfokuskan pada kajian-kajian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil-hasil penelitian dari ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Artikel yang diterbitkan mencakup isu dan ...