cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journaldidactica@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
Core Subject : Education,
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran memfokuskan pada kajian-kajian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil-hasil penelitian dari ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Artikel yang diterbitkan mencakup isu dan tren terbaru tentang pendidikan tindakan kelas, kurikulum pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan, kajian kebijakan pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan ekologis, dan pedagogi kritis. Jurnal ini mendorong pendekatan multi-metode dalam bidang pendidikan dan pengajaran, seperti mengintegrasikan teori dan praktek dengan analisis data. Naskah yang dikirim menggunakan metodologi yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian, baik itu kajian teoritis (literature research), penelitian tindakan (action research), analitik data besar, kajian eksperimental, survei lapangan, wawancara, dan dokumentasi.
Articles 42 Documents
Penguatan Literasi Digital Untuk Mendukung Hak Warga Negara di Media Sosial Melalui Pembelajaran PPKn Fudzni, Elfrida Hariawati; Aulia, Syifa Siti
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i1.100

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penguatan literasi digital yang ada di media sosial dalam upaya mendukung hak warga negara. Penguatan literasi itu dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Literasi digital di media sosial yang digunakan peserta didik digunakan digunakan dengan bijak, tepat, dan benar maka media sosial dapat digunakan sebagai wadah untuk menyatakan suatu pendapat, kritik, berkarya, mengkritisi suatu kebijakan dari pemerintah dan bahkan dapat dijadikan sebagai ajang untuk melakukan aktivitas sosial seperti membantu sesama yang kurang beruntung atau terkena musibah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn perlu didesain sedemikian rupa untuk mendukung penguatan hak dan kewajiban warga negara dalam menggunakan media sosial. Siswa dalam memahami hak berekspresi sebagai kebebasan dalam mengungkapkan pendapat, opini maupun aspirasi melalui media sosial dengan cara yang sopan dan tanpa merasa takut. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu bahwa perlu adanya literasi digital bagi warga negara muda untuk bertindak secara bertanggung jawab dalam dunia digital.
Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Budi Pekerti di SMK PGRI 4 Pakis Malang Saputro, Andrian Budi; Nawaji, Nawaji; Iswahyudi, Didik
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i1.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya Pendidikan Budi Pekerti dalam pembangunan Karakter peserta didik, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian dilaksanakan di SMK PGRI 4 Pakis Malang alamat Jalan Raya Sekarpuro no 8 Pakis Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis menggunakan triangulasi untuk memperoleh keabsahan data, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reduksi, Display dan Verifikasi. Hasil penelitian pembentukan karakter siswa melalui pendidikan budi pekerti yang dilakukan yaitu melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan pembelajaran PPKN, pembelajaran Agama Islam dan pembelajaran yang lainnya yang disisipkan pendidikan budi pekerti, penanaman nilai-nilai karakter, tata tertib sekolah, penanaman kebiasaan-kebiasaan baik,. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Pendidikan Budi Pekerti memilliki peran penting dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter dengan harapan lagi orang tua dirumah dan masyrakat juga ikut serta dalam membentuk karakter anak yang baik sehingga dapat terwujud dengan lebih baik.
Metode Bermain Gamelan Jawa Untuk Meningkatkan Kerjasama Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Kurniawati, Anita; Akbar, Mochammad Ramli; Iswahyudi, Didik
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i1.102

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada pentingnya kemampuan kerjasama pada anak usia dini untuk dikembangkan sehingga mampu membentuk hubungan baik antara anak dan orang lain. Metode bermain yang digunakan harus mampu terlibat aktif dalam setiap permainan dan melalukan semuanya kegiatan secara bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 07 Kluwut Kecamatan Wonosari Malang. Penelitiandan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model research and development Bord and Gall. Penelitian dan pengembangan digunakan untuk menguji keefektifan produk tersebut agar dapat digunakan oleh masyarakat luas. Subjek penelitian pada kelompok A sejumlah 12 anak. Hasil uji coba tahap satu yang diperoleh dari ahli media 85 % dan ahli materi 97,91%, uji coba tahap I 90,62%. Uji coba tahap II 95.83% dan uji coba tahap III 98,61%. Dari hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bermain Gamelan Jawa ini dapat meningkatkan kerjasama anak sehingga kegiatan ini layak digunakan sebagai kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak.
Pengembangan Media Maze Adventure Game Untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Matematika Nursolehatun, Tika
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i1.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan respon siswa media maze adventure game yang layak dalam pembelajaran matematika kelas IV SD N 1 Buayan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) media maze adventure game layak digunakan dilihat dari hasil penilaian ahli materi yaitu 86 kriteria baik sekali dan ahli media yaitu 67 kriteria baik sekali; (2) respon siswa terhadap media maze adventure game sangat baik dilihat dari hasil angket respon siswa yaitu 73 (91%). Respon guru terhadap media sangat baik dilihat dari hasil wawancara guru yaitu 29,5 (98,3%); (3) media maze adventure game dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari skor rata-rata hasil pretest dan postest yaitu 56,25 menjadi 83,75; (4) media maze adventure game dapat meningkatkan minat belajar siswa dilihat dari skor rata-rata dan persentase hasil angket minat siswa sebelum dan sesudah menggunakan media maze adventure game yaitu 91 (75,8%) baik menjadi 115 (95,8%) sangat baik.
Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Larasati, Anisa
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i1.104

Abstract

nelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap keterampilan berkomunikasi, pengaruh minat baca terhadap keterampilan berkomunikasi, dan pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan minat baca terhadap keterampilan berkomunikasi siswa Sekolah Dasar kelas V Se-Gugus 02 Kasihan Bantul. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar kelas V Se-Gugus 02 Kasihan Bantul tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan berkomunikasi siswa dibuktikan dari perolehan nilai thitung > ttabel (2.799> 1.66); (2) Ada pengaruh minat baca terhadap keterampilan berkomunikasi siswa dibuktikan dari perolehan nilai thitung > ttabel (2.204 > 1.66); (3) ada pengaruh gerakan literasi sekolah dan minat baca terhadap keterampilan berkomunikasi siswa Sekolah Dasar Kelas V Se-Gugus 02 Kasihan Bantul dibuktikan dari perolehan nilai Fhitung sebesar 10.317 dengan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel 10.317 > 3.09.
Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Siswa Terhadap Peningkatan Moral Di Sekolah Menengah Kejuruhan Muhammadiyah 5 Kelas X Akuntansi Kepanjen Pujiati, Lilis; Suciati, Suciati; Iswayuhdi , Didik
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v2i1.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap peningkatan moral di sekolah menengah kejuruhan muhammadiyah 5 kelas x akuntansi Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah kejuruhan muhammadiyah 5 kelas x akuntansi kepanjen dengan jumlah siswa 42 dengan menggunakan teknik sampel apabila kurang dari 100% diambil 15-20% sehingga sample pada penelitian ini sejumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase,validitas dan normalitas. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kedisiplinan terhadap moral siswa. Data tersebut berdasarkan uji validitas dan normalitas. Data tersebut berdasarkan uji validitas r product moment person dalam tarif signifikasi 5% dikarenakan sempel yang diambil sebanyak 22 maka signifikasinya 0,316. Hal ini tidak lepas dari dukungan dari sekolah,orang tua dan antara siswa dengan siswa yang mendukung peningkatan moral untuk memilki pribadi sangat baik.
Mengedukasi Pengguna Media Sosial dalam Mengantisipasi Pelanggaran Privasi dengan Prinsip Positivisme Wulansari, Dina
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i2.418

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pertama mengedukasi pengguna media sosial agar tidak melanggar penyebaran data privasi di media sosial. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan hal ihwal hak privasi dan pelanggaran privasi di media sosial dengan sudut pandang positivisme. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama Hasil temuan penelitian, pertama terkait dengan privasi dalam media sosial yang dalam perkembangan menghadrikan beragam aplikasi sosial media bagi masyarakat dalam membagikan situasi emosi pada orang lain. Situasi tersebut menyebabkan orang lain bisa mengambil data pribadi di media sosial, lalu menyebarkannya ke publik yang lebih luas. Kedua, adanya kasus yang menjadi perbincangan di media sosial terutama twitter yaitu kasus video syur dari dua orang kembar. Ketiga, pemikiran Comte menjadi agar pengguna media sosial lebih menggunakan sudut pandang positivisme agar lebih berhati-hati dalam berelasi di media sosial. Positivisme berguna untuk menguji kebenaran tentang siapa pelaku yang melakukan pelanggaran privasi sehingga adanya bukti, fakta dan sebagainya semua menjadi lebih jelas dan tidak bersifat spekulatif.
Pola Pembinaan Ibu Rumah Tangga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Pada Era Pembelajaran 4.0 Herliah, Endang; Zakiyah, Imron Ghulaman
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i2.504

Abstract

Masalah lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tanggadilatarbelakangi oleh perkembangan dewasa ini yang menunjukkan bahwa tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga pada kenyataannya sering terjadi dalam kehidupan masyarakat, baik dalam bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual maupun penelantaran rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui re-orientasi ibu terhadap pola pembinaan anak di rumah Pada Era Revolusi 4.0. Ada faktor-faktor yang berpengaruh dalam re-orientasi ibu terhadap pola pembinaan anak di rumah pada Era Revolusi 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ibu di zaman milenial sudah berperan aktif dalam mendidik anak di rumah karena telah dimudahkan dengan internet yang dimana segala informasi mengenai anak dalam proses belajar-mengajar sudah bisa di akses di handphone atau media lainnya. Kendala-kendala yang dihadapi ibu di rumah dalam menghadapi anak kurangnya moral, dan rasa ingin tahu.
Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Ritus Pati Ea Suku Mau Pada Pembelajaran PKn SMP Di Kabupaten Sikka Wahab, Mohamad Iksan; Kasondri, Yoseph Oktavianus; Avila, Theresia; Nuwa, Gisela
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v2i3.922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal adat pati ea suku mau pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Selain itu juga untuk mengetahui proses pelaksanaan upacara adat pati ea pada suku Mau Tana Ai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: pertama, proses Upacara Adat Pati Ea Masyarakat Etnis Tana Ai yaitu, Teme naha ka’ur/teme pelang, leron pati, ekak/piong. Kedua, Nilai-nilai kearifan lokal dalam adat pati ea masyarakat Mau Tana Ai yakni, nilai religius, nilai budaya, nilai kebersamaan, nilai multikultural, nilai persaudaraan. Ketiga, upacara adat patia ea dan pengintegrasian dengan pendidikan pancasila yaitu, nilai religius dalam hubungan dengan sila pertama Pancasila, semangat kebersamaan dan persaudaraan, dan pendidikan multikultural.
Optimalisasi Proses Pembelajaran PPKn Melalui Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Menengah Pertama Artina, Seri
Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/didactica.v1i2.971

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) secara optimal melalui media pembelajaran inovatif. Tempat penelitian ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hamparan Perak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada tiga, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, gagasan pemecahan isu adalah penggunaan media pembelajaran inovatif pada proses pembelajaran PPKn di kelas VII – 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Hamparan Perak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021. Aktualisasi terdiri dari tujuh kegiatan kreatif dalam proses pemecahan isu yang terjadi di UPT SPF SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Pelaksanaan aktualisasi berkoodinasi dengan saran, kritik dan persetujuan dari coach, mentor, penguji dan seluruh pegawai Badan Pengawasan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara serta LPP Agro Nusantara Wilayah Medan. Setelah pelaksanaan habituasi di kelas VII- 8 SMP Negeri 1 Hamparan Perak diperoleh hasil yang baik pada proses pembelajaran PPKn.