Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2023): Maret

Internalisasi Karakter Peduli Sosial di Lingkungan Sekolah

Kasongat, Siti Sara (Unknown)
Salamor, Lisye (Unknown)
Gaite, Titus (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Internalisasi pendidikan karakter peduli sosial merupakan salah satu nilai yang dikembangkan dalam program penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Hal ini mengingat bahwa manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan bantuan antara satu dengan yang lainnya maka dari itu proses internalisasi karakter peduli sosial menjadi hal penting untuk diperhatikan. Sekolah memiliki pengaruh besar bagi terbentuknya karakter siswa selain peran orang tua. Sekolah juga perlu menciptakan suasana kondusif untuk proses internalisasi karakter kepada siswanya. Maka, guru merupakan agen utama dalam proses internalisasi karakter kepada siswa di situlah proses internalisasi karakter diperlukan guru yang berkompeten dan berkepribadian baik agar dapat menjadi teladan bagi siswa-siswanya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat (1) mengetahui bagaimana upaya pengutan karakter peduli sosial dalam pengembangan diri di SMA Negeri 3 Ambon; (2) integrasi karakter peduli sosial ada dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA Negeri 3 Ambon.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, ...