Ta'ehao
Vol 1 No 1 (2022): Agustus 2022

Peningkatan Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi dengan Model Pembelajaran Think Pair And Share Siswa Kelas VII SMP Swasta BNKP Idanogawo

Dernius Hura (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan menggunakan Model Think Pair and Share. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaannya adalah: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan: 1) teknik pengumpulan data, 2) lembar observasi, 3) lembar penilaian. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) paparan data, 3) kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Swasta BNKP Idanogawo Tahun pembelajaran dengan jumlah 25 orang yang terdiri dari laki-laki 10 orang dan perempuan 15 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan maka nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 64,68 dengan nilai terendah 48 dan nilai tertinggi 81. Selanjutnya, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,68 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90. Hasil oservasi terhadap keaktifan siswa pada siklius I pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 76%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 96%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

to

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Taehao: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan kumpulan tulisan yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias, menerbitkan artikel-artikel penelitian orisinal dan studi konseptual tentang ...