Jurnal Pengabdian Barelang
Vol 3 No 02 (2021): Jurnal Pengabdian Barelang

Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru SMA, MA, dan SMK Melalui Pengembangan Multiple-Solution Task dalam Pembelajaran Matematika di Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Muhamad Toyib (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Christina Kartika Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Rejeki (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Lina Wahyu Sri Fatmasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: (a) memperkenalkan bagaimana merancang multiple-solution task dalam pembelajaran matematika bagi guru-guru SMA/SMK Muhammadiyah di Klaten dan sekitarnya; (b) menyelenggarakan lokakarya dan pelatihan guru dalam merancang multiple-solution task dalam topic geometri analitik. Pelatihan dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Jawa Tengah. Pesertanya adalah para guru SMA/SMK Muhammadiyah di Klaten dan sekitarnya. Hal itu dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: persiapan, terdiri dari koordinasi internal dan eksternal; tahap implementasi yang meliputi pengenalan dan pelatihan desain tugas solusi ganda dalam pembelajaran matematika. Kegiatan bakti sosial ini diikuti 24 guru dari 17 sekolah Muhammadiyah di Klaten. Peserta telah dilatih secara teknis dengan pengalaman baru merancang multiple-solution task dan mengembangkan multiple-solution task dalam topik geometri analitis; para peserta terlibat penuh selama pelatihan. Ada umpan balik dan kebutuhan untuk peningkatan dalam mengintegrasikan multiple-solution task dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPB is a platform to publish the results of Community Service activities for academics and national practitioners. JPB accepts articles for various service focuses according to the theme of the publication period. The articles to be published are original works and have never been published. The ...