JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MUSIK
Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 No 2 Tahun 2023

Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya Dalam Proses Pembelajaran Seni Budaya Pada Kelas XI IPS SMA N 1 Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota

Jerry Rahmad (Unknown)
Ardipal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Di kelas XI IPS SMA Negri I Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten 50 Kota, pengamatan ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran seni budaya. Dengan mengamati bagaimana guru seni budaya kelas XI IPS melakukan proses pembelajaran seni budaya maka dilakukan penelitian deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, jurnal, dokumentasi, dan sumber lain digunakan untuk mengumpulkan data. Observasi bertujuan untuk mengamati fenomena yang dapat diamati di lapangan. Tujuan dari wawancara adalah untuk mengumpulkan informasi dari guru seni budaya. Dokumentasi, khususnya foto proses berjalannya pembelajaran seni budaya dan data yang dibutuhkan dari sekolah. Menganalisis data meliputi beberapa langkah, termasuk mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, setelah itu baru mengambil kesimpulan. Temuan penelitian ini menampilkan bahwa guru seni dan budaya memiliki kompetensi pedagogik yang tergolong cukup baik dalam mengajar seni budaya. Kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran bagi siswanya dianggap sebagai kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan temuan observasi yang dilakukan terkait kecakapan guru seni budaya dalam pengelolaan proses pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan, guru telah berhasil melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana. Terkait kompetensi pedagogik, guru mampu mengendalikan keadaan dan suasana kelas selama proses pembelajaran seni budaya, sehingga kelas berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Meskipun ada beberapa peserta didik yang masih kurang percaya diri ketika maju untuk tampil di depan lokal, namun guru selalu berusaha memotivasi siswa agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar. Hampir semua siswa mampu mendemonstrasikan praktik yang baik selama proses pembelajaran. Setiap keunikan dan karakteristik siswa dapat dipahami oleh guru, dengan begitu guru dapat membantu siswa mencapai potensi penuh mereka. Guru juga telah melaksanakan evaluasi penilaian, dilihat dari pemahaman yang dimiliki oleh siswa serta praktik yang dilakukan oleh murid sudah selaras dengan tujuan dalam pembelajaran. Guru melakukan evaluasi dan menggunakannya sebagai acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang. Guru juga telah melaksanakan evaluasi penilaian, dilihat dari pemahaman yang dimiliki oleh siswa serta praktik yang dilakukan oleh murid sudah selaras dengan tujuan dalam pembelajaran. Guru melakukan evaluasi dan menggunakannya sebagai acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang. Guru juga telah melaksanakan evaluasi penilaian, dilihat dari pemahaman yang dimiliki oleh siswa serta praktik yang dilakukan oleh murid sudah selaras dengan tujuan dalam pembelajaran. Guru melakukan evaluasi dan menggunakannya sebagai acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Edumusika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

EduMusika diterbitkan oleh Fakultas Bahasa & Seni Universitas Negeri Padang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (AP2Seni). Jurnal Edumusika terbit 2 (dua) kali pada bulan Mei, dan November berisi artikel/artikel penelitian di bidang musik dan ...