Penelitian ini bermula dari adanya indikasi ketidakpuasan yang dirasakan oleh para wisatawan di destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar. Oleh karena itu fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh halal destination attributes dan perceived value terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan fokus pada hubungan sebab-akibat. Penelitian ini menekankan pada wisatawan muslim yang telah atau sedang mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar. Sampel penelitian yang terdiri dari 271 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji untuk validitas serta reliabilitasnya. Diperoleh hasil yang menunjukkan jika variabel halal destination attributes memiliki tingkat yang cukup baik dengan persentase sebesar 43,17%, perceived value menunjukkan tingkat yang cukup baik dengan persentase sebesar 36,16% dan kepuasan wisatawan juga berada pada tingkat yang cukup baik dengan persentase 39,11%. Selanjutnya, temuan penelitian ini juga mengindikasi bahwa halal destination attributes dan perceived value memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan wisatawan sebesar 0,294.
Copyrights © 2024