Nusantara Journal of Multidisciplinary Science
Vol. 1 No. 1 (2023): NJMS - Agustus 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa

Dini Puji Anggraini (STKIP Al Maksum Langkat)
Anis Syafitri (STKIP Al Maksum Langkat)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini akan menghasilkan apakah metode inquiry ini lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Bintang Langkat. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry memperoleh rata-rata nilai keterampilan proses sains 70,07 dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai keterampilan proses sains 64,13. Hasil ini membuktikan jika metode inquiry bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

njms

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Nusantara Journal of Multidisciplinary Science (NJMS) adalah jurnal yang prestisius untuk eksplorasi ilmiah di persilangan berbagai disiplin. NJMS berperan sebagai pusat intelektual yang mendorong dialog dan kolaborasi mendalam di berbagai bidang pengetahuan. Dengan proses review yang ketat, NJMS ...