Jurnal Imu Pendidikan dan Keagamaan
Vol 2 No 1 (2023): Jurnal ILMA

ANALISIS RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KREATIF

Ahiruddin (Universitas Indraprasta PGRI)
Henny Suharyati (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap permasalahan rendahnya motivasi belajar mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta solusi yang ditawarkan oleh peneliti sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan teknik Creative Problem Solving (CPS). Dengan lima tahapan penyelesaian masalah, yaitu 1) penentuan fakta, penentuan masalah, 3) penemuan gagasan 4) penerimaan soaial. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa factor-faktor yang dominan yang berpengaruh terhadap Berdasarkan hasil maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami proses penurunan motivasi belajar, yang dimana hal ini juga menurunkan prestasi belajar mahasiswa. Factor-faktor yang dominan yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa adalah : 1) cita-cita mahasiswa 2) kemampuan dasar mahasiswa 3) kondisi mahasiswa 4) kondisi lingkungan mahasiswa 5) unsur-unsur dinamis belajar dan pembelajaran 6) peran dosen dalam pembelajaran. Saran dari Penelitian ini adalah : 1) dosen harus mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara memberikan masukan melalui nasehat saat proses pembelajaran, 2) orang tua juga harus berperan aktif dalam mengontrol setiap pergaulan anaknya, jangan sampai anak berada pada lingkungan yang kurang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ilma

Publisher

Subject

Education Other

Description

ILMA (Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan) merupakan jurnal yang terkiat dengan pendidikan dan ...