Pendidikan kepribadian yang diperoleh anak dari aktivitas kesehariannya seringkali tidak teratur dan kurang sistematis oleh karena itu shalat sunnah dhuha bisa dijadikan sebagai salah satu program yang diharapkan mampu mewujudkan generasi emas berkarakter yang mana shalat dhuha jarang sekali dijadikan kegiatan rutin di sekolah-sekolah manapun meskipun di sekolah yang berbasis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan prosedur pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studikasus.Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis pelaksanaan Shalat Dhuha di SDN UPT 26 Desa Aras sebagai salah satu upaya dalampembentukan Akhlakul Karimah (akhlak yang mulia) pada siswa. Penelitian ini penting karena pelaksanaan Shalat Dhuha dapat berperan dalam membentuk nilai-nilai agama dan moral yang kuat pada anak-anak, yang merupakan aspek pentingdalam pendidikan karakter. Hasil dari penelitian ini adalah shalat dhuha ternyata memilik dampak positif terhadap akhlak siswa. Para peserta didik menjadi lebihbersyukur, atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT baik melalui ucapan ataupun perbuatan. Dengan pembiasaan shalat dhuha setiap memulai pembelajaranagama, dapat melatih peserta didik untuk memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
Copyrights © 2023