Madaniya
Vol. 4 No. 4 (2023)

Penguatan Kompotensi TPACK Guru dalam Mendesain Pembelajaran Yang Inovatif

Sirajuddin Sirajuddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Khadijah Darwin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Muzaini (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Resmi Resmi (Yayasan Sitti Saenab Emzil Pangkep)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2023

Abstract

Peningkatan minat dan motivasi belajar siswa, serta peningkatan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, dapat dicapai melalui pendekatan pembelajaran inovatif. Namun, untuk mewujudkannya, guru perlu memiliki kompetensi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yang kuat. Oleh karena itu, penting melakukan program pelatihan/Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan untuk memperkuat kompetensi TPACK guru dalam merancang pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dilaksanakan di Yayasan Sitti Saenab Emzil Pangkep. Ditemukan tiga permasalahan utama pada sumber daya manusia (SDM) mitra, yaitu: 1) Rendahnya kemampuan teknologi guru, 2) Masih lemahnya keahlian pedagogik guru, dan 3) Perlunya penguatan content knowledge guru, terutama dalam literasi numerasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi pertama adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi teknologi guru melalui integrasi teknologi ke dalam pembelajaran menggunakan aplikasi Schoology dan Geogebra, penguatan pedagogi dengan menerapkan model pembelajaran abad 21 (Model Project-Based Learning), mengintegrasikan pembelajaran berbasis kearifan lokal, dan menyusun modul ajar merdeka belajar, serta meningkatkan kemampuan konten guru dalam literasi numerasi. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Hasil Kegiatan menunjukkan bahawa terjadi peningkatan terhadap kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge guru di Yayasan Sitti Saenab.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...