Madaniya
Vol. 4 No. 4 (2023)

Kemasan dan Pelabelan Sebagai Bentuk Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM Garam di Desa Bulucindea

Asriyanti Syarif (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rahmi Rahmi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Juliani Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Syamsia Syamsia (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fitri Indah Yani (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Andi Chadijah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abd. Rakhim Nanda (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurinsana Salam (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Desa Bulucindea merupakan desa yang potensial pengembangan garam di Kabupaten Pangkep. Produksi garam telah menggunakan paket teknologi geomemran yang menghasilkan garam berkualitas, namun yang menjadi kendala kemasan yang digunakan masih tergolong sederhana dan menggunakan sistem tradisional sehingga diperlukan tindakan penyuluhan untuk mengedukasi pelaku UMKM garam menggunakan kemasan yang aman dan estetik sebagai bentuk dari strategi pemasaran dan upaya desa ini, menggerakan ekonomi rakyat dengan memasarkan garam secara nasional dan luar negeri (secara online) dengan memberikan perbaikan pada bentuk dan bahan kemasan serta pelabelan sebagai identitas produk garam yang dihasilkan oleh Desa Bulucindea untuk dipasarkan bagi skala rumah tangga dan industri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...