Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-modul Usaha dan Energi berbasis Problem Based Learning dan menganalisa efektivitas dan kelayakan penggunaan e-module dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Penelitian ini didasarkan pada penelitian dan pengembangan. Penelitian ini mencakup penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall dengan langkah-langkah: perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian awal, revisi produk utama, uji coba kelompok besar, revisi operasional produk, uji coba operasional, revisi produk akhir, dan diseminasi dan distribusi.Hasil kelayakan oleh ahli materi didapatkan rata-rata presentase keseluruhan aspek sebesar 88 %, ahli media 72% dan ahli pembelajaran sebesar 78% termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul dengan model Problem Based Learning kelas 10 SMA layak digunakan dalam penelitian. Hasil uji efektifitas diperoleh N Gain sebesar 0,65 yang menunjukan bahwa e-modul Usaha dan Energi berorientasi PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa dengan kategori sedang. Hasil kuisoner uji lapangan yang di isi oleh siswa mendapatkan presentase 82% dengan intepretasi sangat baik. Berdasarka uji efektifitas dapat disimpulkan e-modul dinyatak layak dan dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa.
Copyrights © 2023