PARTICIPATORY
Vol 2 No 2 (2023): PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Keterampilan Masyarakat Dalam Memasarkan Produk Kerajinan UMKM

Avif Alfiyah (Unknown)
Siti Fahimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

UMKM yang digalakkkan oleh pemerintah memaksa desa untuk lebih kreatif memunculkan hasil termasuk dalam hal ketrampilan, Bantu Rejo adalah desa yang mempunyai produk unggulan yang sudah dikelola lama oleh ibu-ibu PKK berupa pembuatan tas dari bahan bekas dan juga rajut, tetapi yang menjadi kendala adalah pengelolaan dalam pemasaran, mereka belum menemukan cara jitu untuk bisa memasarkan produk tersebut, sehingga perlu adanya pendapingan pada masayarakat tersebut. Pendampingan yang sudah terlaksana selama satu bulan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas ibu-ibu untuk bisa bersaing dipasaran, hasil yang didapatkan dari pendampingan ini adalah ibu-ibu sebagai pemain dalam UMKM mulai terpacu dan semangat memasarkan dan juga memprbagus produk mereka, karena tujuan utama dari pendampingan ini adalah: (1) Membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomis, (2) Meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran, (3) Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan manajerial produksi, (4) Meningkatkan pendapatan unit usaha perajin. Adapun untuk pemasaran pertama yang bisa mereka lakukan adalah dengan mengikuti bazar dan memasang lewat medsos

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Participatory

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Participatory merupakan jurnal penelitian hasil pengabdian kepada masyarakat yang bersikan karya ilmiah hasil Riset berbasiskan pengabdian kepada masyarakat. Sebagaimana fungsinya, Jurnal Participatory dapat dijadikan sebagai forum dan media informasi untuk: 1) mengembangkan ilmu pengetahuan ...