Jurnal Guru Komputer
Vol 1, No 1 (2020): JGrKom: July 2020

Pengaruh Model Pembelajaran Project Base Learning Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Muhammad Dafit (SMK Negeri 4 Bandung)
Bahar Nugraha Praja (SMK Negeri 4 Bandung)
Enjang Ali Nurdin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Eka Fitrajaya Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil berlajar peserta didik setelah diberikan treatment atau perlakuan berupa penerapan model pembelajaran project base learning melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Bandung. Model penelitian yang digunakan adalah model kurt lewin. Dilakukan selama dua siklus di dapatkan hasil pada siklus I hasil belajar yang diperoleh sebesar 61,11% dari total 36 siswa mencapai KKM dengan rata-rata hasil penilain proyek sebesar 77,94 dan pada siklus II 86,11% peserta didik mencapai KKM dengan rata-rata hasil penilain proyek sebesar 86,22. Sehingga terjadi peningkatan gain sebesar 0,375 dengan kategori sedang. Sedangkan dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer terhadap aktifitas guru dan peserta didik didapatkan pada siklus I sebesar 76,67% aktifitas guru danĀ  60% aktfitas peserta didik serta pada siklus II sebesar 93,33% aktifitas guru danĀ  86,67% aktfitas peserta didik. Dari data diatas menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran project base learning melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JGrKom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The Computer Teacher Journal (JGrKom) (e-ISSN: 2774-7891) is an open-access and peer-reviewed journal, published by the Universitas Pendidikan Indonesia, which is a medium for disseminating research results from scientists and educational practitioners in various fields of pedagogy and technology ...