Al Fikrah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 2 No 2 (2022): Alfikrah

JALINAN KOMUNIKASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Amalia, Dina (Unknown)
Samsudin, Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan hamabatan-hambatan jalinan komunikasi kerjasama guru dan orang tua dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Tulisan ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memberikan suatu gambarkan secara umum mengenai jalinan kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan cara mengumpulkan, menganalisis dan mengintrepretasikan data yang berkaitan dengan penelitian. Untuk menjangkau semua aspek penelitian, maka digunakan strategi studi kasus. Sumber primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa jalinan komuniksai kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswsa dilakukan melalui beberapa komunikasi, yakni komunikasi formal dan non formal, pengajian dan keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak di rumah. Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah berasal dari faktor internal dan eksternal, berupa pandangan orangtua terhadap guru yang kurang baik, tuntutan hidup dan sikap orangtua yang apatis. Sementara faktor pendorongnya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada orangtua siswa, menyamakan persepsi antra nilai-nilai yang ditanamkan sekolah dengan nilai-nilai yang diajarkan orangtua dengan melakukan komunikasi awal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al fikrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fikrah Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Magister Pendidikan Agama Islam STAI Binamadani Tangerang. Jurnal ini mencakup aspek-aspek pendidikan islam dan pemikiran islam yang difokuskan pada ; 1. Komponen-komponen pembelajaran ; kurikulum, model, ...