ABSTRAKHasil-hasil penelitian Internasional menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia secara umum tergolong rendah. Peserta didik kita di Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca dan menulis sebagai kegiatan sehari-hari. Lewat Program Kampus Mengajar ini memberikan tanggung jawab yang tidak hanya berfokus pada bantuan mengajar, namun program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Kegiatan ini dikhususkan pada siswa siswi SDN Pagandongan yang belum lancar atau tidak tahu sama sekali membaca. Di setiap kelas setidaknya memiliki satu sampai empat siswa yang tidak mampu membaca ataupun memahami bacaannya. Metode pengabdian yang digunakan merupakan metode pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan kartu baca, dengan kartu baca kami dapat mengukur dan mengetahui kemajuan peserta didik dalam pelatihan literasi. Pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan sepanjang penugasan kampus mengajar yaitu selama 4 bulan lamanya dengan 13 siswa dari beberapa kelas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan meningkatkan kemampuan literasi melalui kartu baca ini memberikan dampak yang baik dengan meningkatnya kemampuan literasi peserta didik, kegiatan ini juga menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik dengan memulai penerapan literasi sebelum pembelajaran dimulai. Kata kunci: kampus mengajar; kartu baca; kemampuan literasi ABSTRACTThe results of international research show that the literacy skills of Indonesian students are generally relatively low. Our students in Indonesia have not yet made reading and writing activities their daily activities. The Teaching Campus Program provides responsibilities that do not only focus on teaching assistance, but this program aims to help improve students' literacy skills. This activity is specifically for Pagandongan Elementary School students who are not yet fluent or don't know how to read at all. Each class has at least one to four students who are unable to read or understand what they are reading. The service method used in this article is a training and mentoring method related to the use of reading cards. With reading cards we can measure and determine students' progress in literacy training. The results obtained from this activity to improve literacy skills through reading cards have a good impact by increasing students' literacy skills. This activity also fosters good habits by starting to apply literacy before learning begins. Keywords: literacy skills;read card;teaching campus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023