Media Mahardhika
Vol. 19 No. 2 (2021): January 2021

KEBIJAKAN DIVIDEN DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI INDONESIA)

Istiono Istiono (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Rudy Santoso (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model kebijakan dividen yang banyak diterapkan di Indonesia dan menganalisis pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga berarti menguji teori ketidakrelevanan dividen dan teori preferensi dividen. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu (judgment sampling) diperoleh 43 perusahaan yang layak dijadikan sampel. Statistik t digunakan untuk uji signifikansi atas nilai koefisien regresi. Penelitian ini menemukan bahwa model kebijakan yang banyak digunakan adalah kebijakan dividen residual. Kebijakan dividen dapat berpengaruh signifikan atau tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hubungan antara kebijakan dividen dengan nilai perusahaan dapat positif atau negative.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mahardika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide ...