Tujuan Penelitian ini adalah 1.) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa yang mendorong anak bermain game online pada siswa sekolah dasar negeri Jatingarang 02. 2.) Untuk mendeskripsikan dampak game online dalam motivasi belajar siswa kelas sekolah dasar negeri Jatingarang 02. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus guna meneliti lebih dalam dan utuh mengenai dampak game online dalam motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri 02 Jatingarang Kabupaten Sukoharjo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif pendekatan studi kasus. Hasil dalam penelitian ini adalah 1.) Motivasi belajaran siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik yang berasal dari diri sendiri dan faktor ekstrintsik yang berasal dari lingkungan belajar, keluarga dan sosial. 2.) Game Online dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, jika memainkannya secara berlebihan maka dapat berdampak buruk yaitu akan mengurangi rasa sosialisasi terhadap sesama, game online dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa bagi siswa yang bermain game online secara berlebihan akan susah konsentrasi dalam pelajaran di sekolah. Hal ini menjadikan siswa lalai akan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Copyrights © 2023