ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media Game Petualangan Fisika menurut penilaianahli, (2) mengetahui perbedaan efektifitasantara penilaian menggunakan Game Petualangan Fisika dengan paper based assessment, (3) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Game Petualangan Fisika.Jenis penelitian ini adalah research and development, memakai model Borg & Gall yang dibatasi sampai lima tahap pertamayaituresearch and information collecting, planning, develop preliminary from of product, preliminary field testing, danmain product revision. Penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar penilaian ahli, guru, dan lembar angket respon siswa. Aspek yang dinilai oleh ahli dan guru adalah bahasa, tampilan, isi, efektifitas penilaian, dan kemudahan penggunaan. Angket respon berisi tentang kejelasan tampilan, bahasa, dan kemudahan penggunaan. Teknik analisis data untuk mengetahui kelayakan menggunakan standar berskala lima dan perbedaan efektifitas menggunakan uji t nonparametric. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Game Petualangan Fisika dinyatakan layak oleh ahli dengan kriteria sangat baik pada aspek kesesuaian isi, penggunaan bahasa baku, kejelasan tampilan, dan kemudahan penggunaan, (2) ada perbedaan efektifitas antara penilaian menggunakan Game Petualangan Fisika dengan paper based assessment dan (3) siswa memberikan respon positif terhadap Game Petualangan Fisika pada kriteria kejelasan tampilan, penggunaan bahasa baku, dan kemudahan penggunaan.
Copyrights © 2023