Kepuasan konsumen menjadi prioritas bagi para pelaku bisnis untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan tertantang untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan setiap harinya. Kualitas layanan dan komunikasi pemasaran adalah proses yang tidak dapat diabaikan. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Amarta Sayap Merah Bandung Barat. Responden dalam penelitian berjumlah 67 orang dan kuesioner dibagikan sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan komunikais pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) dan komunikasi pemasaran (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) memiliki nilai lebih dari t tabel. Melalui pengujian secara simultan, hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari F table yaitu 62,066>3,25 sehingga dapat disimpulkan variabel bebas kualitas pelayanan (X1) dan komunikasi pemasaran (X2) merupakan predictor simultan atau signifikan secara Bersama-sama dengan variabel dependen kepuasan konsumen (Y). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran.
Copyrights © 2023