IJEB
Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen

Herlina Herlina (Universitas Mandiri Jawa Barat)
Sri Mulyeni (Universitas Nasional Pasim)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kepuasan konsumen menjadi prioritas bagi para pelaku bisnis untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan tertantang untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan setiap harinya. Kualitas layanan dan komunikasi pemasaran adalah proses yang tidak dapat diabaikan. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Amarta Sayap Merah Bandung Barat. Responden dalam penelitian berjumlah 67 orang dan kuesioner dibagikan sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan komunikais pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) dan komunikasi pemasaran (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) memiliki nilai lebih dari t tabel. Melalui pengujian secara simultan, hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari F table yaitu 62,066>3,25 sehingga dapat disimpulkan variabel bebas kualitas pelayanan (X1) dan komunikasi pemasaran (X2) merupakan predictor simultan atau signifikan secara Bersama-sama dengan variabel dependen kepuasan konsumen (Y). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijeb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope Indonesian Journal of Economic and Business: Business and Economics, Accounting, Entrepreneurship, Management, Management Organization, Marketing Strategy, Theory and Applications, Business Finance and Investment, Business Law, Capital Markets, Business Communication, Corporate Finance, ...